Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman

Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman, Artikel insectnet, Artikel pengendalian hama tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman
link : Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman

Baca juga


Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman

Siasat penanganan hama merupakan perencanaan menyeluruh penanganan keberadaan & populasi hama yang menyerang & menimbulkan permasalahan dalam kegiatan usaha budidaya pertanian.

Pemilihan siasat penanganan hama tergantung pada berbagai aspek yang antara lain karakteristik hama yang menyerang, tanaman yang akan dilindungi, & prinsip ekonomi. 



Berdasarkan pengertian tersebut, maka siasat yang bisa dipilih untuk mengendalikan hama adalah sebagai berikut :



1. Siasat ini tidak melakukan tindakan apa-apa

Kepada siasat ini, petani tidak melakukan tindakan apapun dalam mengatasi hama yang menyerang tanaman. Dengan catatan siasat ini dilakukan apabila keberadaan hama tidak sampai mengakibatkan kerusakan ekonomis (berada di bawah ambang ekonomi).


2.  Menurunkan jumlah populasi hama


Siasat menurunkan populasi merupakan siasat yang paling banyak dipakai dalam penanganan hama. Siasat ini dilakukan apabila kepadatan populasi hama menyebabkan kerusakan yang ditimbulkannya mencapai atau melebihi ambang ekonomi.

Selain itu, strategi ini juga dilakukan sebagai tindakan preventif yang didasarkan pada sejarah masalah hama tersebut. Secara umum, ada dua strategi utama yang dapat dilakukan untuk menurunkan populasi hama. Kedua strategi tersebut antara lain:

  • Mengurangi populasi hama secara perlahan: 
    Apabila keseimbangan umum (general equilibrium posisition) hama lebih rendah dibanding ambang ekonominya (AE).

  • Penurunan populasi secara drastis:
    Apabila keseimbangan umum (general equilibrium posisition) terletak sangat dekat atau berada di atas ambang ekonominya.

    Metode yang bisa digunakan dalam penerapan strategi ini yaitu penggunaan pestisida, kultivar resisten, musuh alami, kultivar resisten, modifikasi ekologi, penggunaan pengatur perkembangan serangga (Insect Growth Regulator), pelepasan jantan modul, penggunaan perangkap pembunuh, atau penggunaan bahan kimia yang dapat mengacau aktivitas perkawinan.


3.  Menurunkan kerentanan tanaman akibat luka oleh hama

Penurunan kerentanan tanaman akibat luka oleh hama dilakukan dengan melakukan modifikasi tanaman inang atau dengan pengelolaan lingkungan tanaman.

Menurunkan kerentanan tanaman akibat luka oleh hama bisa dilakukan dengan dua strategi yang antara lain:
  1. Melakukan rekayasa genetika pada tanaman agar lebih tahan  atau resisten terhadap serangan hama, (teknik ini sering disebut sebagai teknik ketahanan genetik atau ketahanan sejati karena bergantung pada modifikasi lingkungan)
  2. Meningkatkan kemampuan daya hidup tanaman dengan pemupukan atau perubahan waktu tanam untuk mengganggu keselarasan antara hama dengan stadium tanaman yang peka terhadap hama.

4.  Kombinasi atau gabungan antara menurunkan populasi hama dengan menurunkan kerentanan tanaman 

Pengkombinasian siasat menurunkan jumlah populasi hama dan menurunkan kerentanan tanaman terhadap hama dilakukan untuk memperoleh hasil yang optimal. Siasat ini bisa juga disebut sebagai penerapan teknologi pengendalian hama terpadu (PHT) secara lebih komprehensif.



Demikianlah Artikel Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman

Sekianlah artikel Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/strategi-pengendalian-hama.html

0 Response to "Berikut Ini Siasat Untuk Penanganan Hama Tanaman"

Posting Komentar