Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Apa Itu Hama ?

Apa Itu Hama ? - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu Hama ?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fungisida, Artikel Hama Tanaman, Artikel paranet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Itu Hama ?
link : Apa Itu Hama ?

Baca juga


Apa Itu Hama ?




Hama adalah semua organisme atau agensia biotik (serangga, vertebrata, tungau, bakteri, virus, cendawan, cacing atau nematoda, dan tumbuhan atau gulma) yang merusak tanaman atau hasil tanaman dengan cara-cara yang bertentangan dengan kepentingan manusia.

Berdasarkan tingkat serangannya, hama digolongkan menjadi hama potensial, hama utama, hama reguler,   hama tidak penting, hama sewaktu-waktu, dan hama endemik.


  1. Hama potensial
    Merupakan semua organisme yang berpotensi menimbulkan kerugian pada manusia. Pada saat organisme tersebut berstatus sebagai hama potensial perkembangan populasinya terhalangi oleh kondisi lingkungan (fisik dan biotik). 

    Apabila kondisi lingkungan tersebut menunjang perkembangan populasi organisme tersebut, maka mungkin saja diantaranya akan berubah status menjadi hama utama(key pest)


  2. Hama Utama  atau Key Pest
    Merupakan hama yang selalu ada dan menyebabkan kerugian secara ekonomi dengan persentase yang lebih bersar daripada hama lainnya. 

    Misalnya hama penggerek buah kopi atau Hipothenemus hampei dan hama penghisap buah lada atau Dasynus piperis china.


  3. Hama tidak penting  atau minor pest
    Merupakan hama yang menyerang tanaman, tetapi hanya sedikit sekali menyebabkan kerugian secara ekonomi. Hama ini timbulnya pun hanya sewaktu-waktu, maka disebut juga hama sewaktu-waktu (occasional pest).


  4. Hama reguler atau reguler pest
    Yakni bila suatu spesies hama selalu timbul, misalnya hama tikus pada tanaman kelapa sawit, sebab hama ini selalu timbul di mana saja dan menyebabkan kerugian secara ekonomi, meskipun intensitas dan luas serangannya bervariasi antar musim.  



  5. Hama endemik atau endemic pest
    Merupakan hama yang selalu timbul di tempat atau daerah tertentu, sedangkan di daerah lain jarang terjadi, misalnya hama gajah di Lampung Timur.


Demikianlah Artikel Apa Itu Hama ?

Sekianlah artikel Apa Itu Hama ? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu Hama ? dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-penggolongan-hama.html

0 Response to "Apa Itu Hama ?"

Posting Komentar