Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???

Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ??? - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman, Artikel Herbisida, Artikel plastik polynet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???
link : Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???

Baca juga


Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???




Secara sederhana, bisa kita lihat bahwa antara hama dengan tanaman terdapat hubungan langsung berupa hubungan makan & dimakan seperti kaitannya dengan rantai makanan. Tanaman sebagai produsen nutrisi bagi hama & hama mengkonsumsi nutrisi dari tanaman.


Dilihat dari aspek serangga hama pada dasarnya ada 5 tahapan sehingga terjadi atau tidak terjadinya hubungan serangga hama dengan tanaman inang, kelima tahapan tersebut yaitu : 
  1. Penemuan habitat inang
    Serangga hama menemukan habitat inang melalui cara-cara yang umumnya tidak ada kaitannya dengan inang itu sendiri. 

    Rangsangan fisik (cahaya, angin, gaya tarik bumi, suhu, dan kelembaban) membantu mengarahkan serangga yang sedang terbang pada tempat yang ada inangnya (habitat inang).
  2. Penemuan inang
    Untuk dapat menemukan inang kebanyakan serangga hama mengandalkan sinyal visual (warna, bentuk, dan ukuran) serta kimia (aroma). 

    Penemuan jarak jauh umumnya melibatkan warna, bentuk tanaman, atau bagian tanaman inang, sedangkan penemuan jarak dekat umumnya hanya melibatkan faktor kimia.
  3. Pengenalan inang
    Pengenalan tanaman inang dilakukan melalui kegiatan uji pecicipan. Bila dirasakan sesuai maka kegiatan tersebut akan dilanjutkan, dan jika sebaliknya maka serangga akan berpaling ke tanaman lain.
  4. Penerimaan inang
    Jika senyawa kimia yang keluar dari sel tanaman dirasa sesuai, maka kegiatan makan akan terus berlanjut, yang kadang-kadang menimbulkan kerusakan bagi tanaman inang yang sekaligus menimbulkan kerugian bagi petani atau pengusaha tanaman.
  5. Kesesuaian inang
    Ditentukan oleh nilai nutrisi yang tersedia atau yang terkandung dalam tanaman atau bagian tanaman inang serta tiadanya toksin (racun) bagi serangga hama yang bersangkutan.
Dilihat dari aspek tanaman, terdapat dua faktor tanaman yang turut memberikan andil apakah terjadi atau tidak hubungan (interaksi) serangga hama dengan tanaman inang, kedua faktor tersebut yaitu:
  1. Faktor morfologis 
    Faktor ini biasanya menyediakan rangsangan fisik sehingga serangga hama tertarik atau tidak tertarik untuk menghampirinya. 

    Contoh faktor ini antara lain ukuran, bentuk dan warna daun, serta ada tidaknya sekresi kelenjar. Rambut daun dan kekerasan jaringan dapat membatasi pergerakan dan kegiatan makan serangga.
  2. Faktor fisiologis
    Faktor ini menyangkut senyawa kimia hasil metabolisme tanaman.  Senyawa primer merupakan senyawa yang terlibat sebagai katalisator reaksi, pembentukan jaringan, penyediaan sumber energi, semuanya berperan dalam pertumbuhan dan reproduksi tanaman. 

    Senyawa sekunder merupakan senyawa yang peranannya tidak jelas dalam metabolisme tanaman, tetapi diduga senyawa tersebut dihasilkan sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap serangan serangga hama. 

    Pemilihan tanaman inang oleh serangga hama dipengaruhi baik oleh senyawa primer maupun senyawa sekunder yang berfungsi sebagai tanda (token stimul).



Demikianlah Artikel Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???

Sekianlah artikel Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ??? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ??? dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/hubungan-hama-dengan-tanaman.html

0 Response to "Seperti Apakah Hubungan Antara Hama dengan Tanaman ???"

Posting Komentar