Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Hama Pada Tanaman Vanili

Berikut Hama Pada Tanaman Vanili - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Hama Pada Tanaman Vanili, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel hama tanaman vanili, Artikel Pestisida Alami, Artikel plastik sungkup, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Hama Pada Tanaman Vanili
link : Berikut Hama Pada Tanaman Vanili

Baca juga


Berikut Hama Pada Tanaman Vanili


Dalam berbinis tanaman vanili, hama merupakan salah satu faktor yang turut mempengaruhi tercapai atau tidaknya tujuan budidaya. Hama baik langsung maupun tidak langsung berperan serta dalam menurunkan kualitas maupun kuantitas hasil panen tanaman yang dibudidayakan. Kaitannya dengan usaha budidaya tanaman vanili.


kutu lamtoro

hama juga sering menimbulkan kegagalan panen. Beberapa hama tersebut antara lain:


  • Bekicot
Atau Achatina fulica merupakan salah satu arthropoda yang sering menjadi hama bagi usaha budidaya tanaman vanili. Bekicot memakan batang, daun, bahkan buah tanaman vanili. Serangan dan jumlah hama ini meningkat ketika musim hujan. Jika tidak dikendalikan dengan baik, hama ini akan dapat menggagalkan panen bahkan dapat merusak kebun vanili. Pengendalian serangan bekicot dapat dilakukan secara fisik-mekanis dengan mengumpulkan bekicot yang berada di sekitar kebun untuk kemudian di musnahkan atau dijadikan pakan ternak. Namun agar lebih praktis, pengendalian juga dapat dilakukan secara kimiawi dengan memanfaatkan insektisida kontak dengan bahan aktif metiocarb, copersulfate, penta chloro phenol, atau niclosamide dengan konsentrasi 2 sampai 3 ppm.

  • Belalang Kepinding
Atau Mertila sp. merupakan salah satu insekta yang menjadi hama bagi tanaman vanili. Serangga ini menyerang beberapa bagian tanaman seperti batang, daun, bunga, buah, bahkan akar dengan menghisap cairan tanaman pada bagian tersebut dengan mulutnya. Bekas hisapan tersebut meninggalkan bekas berupa bercak-bercak hitam. Pada musim hujan, bercak-bercak ini seringkali terinfeksi oleh jamur patogen dari jenis fusarium. Jika dibiarkan terus menerus bercak tersebut dapat membesar dan mengakibatkan kematian bagi tanaman. Pengendalian hama ini paling efektif dilakukan dengan aplikasi insektisida.

  • Kutu Lamtoro
Atau Ferrisia virgata merupakan hama yang menyerang tanaman vanili secara tidak langsung. Kutu lamtoro hanya menyerang tanaman pelindung tanaman vanili dari jenis lamtoro. Meski demikian, jika terus dibiarkan serangan kutu lamtoro dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman penaung menjadi terhambat. Dan jika pertumbuhan penaung terhambat, baik secara langsung maupun tidak, produktivitas tanaman vanili yang dibudidayakan pun akan menjadi turun.


Demikianlah Artikel Berikut Hama Pada Tanaman Vanili

Sekianlah artikel Berikut Hama Pada Tanaman Vanili kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Hama Pada Tanaman Vanili dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/hama-tanaman-vanili.html

0 Response to "Berikut Hama Pada Tanaman Vanili"

Posting Komentar