Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit

Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cabai rawit, Artikel Hama Tanaman Cabai, Artikel polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit
link : Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit

Baca juga


Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit




Pada artikel kali ini kita akan membicarakan tentang hama pada tanaman cabai rawit. Sudah lama kita ketahui bahwa hama merupakan musuh utama bagi para petani, berbagai cara sudah dilakukan namun hama terkadang masih ada dan justru makin bertambah banyak. Petani sekarang lebih menyukai cara instan untuk menghilangkan hama yaitu dengan menggunakan insektisida kimia yang sekarang mudah sekali untuk di dapatkan. Untuk waktu yang pendek memang hal tersebut sangat efektif untuk membunuh hama yang mengganggu tanaman kita, hama akan langsung mati tanpa sisa.

Tetepi petani tidak menyadari bahwa penanggulangan hama tanaman dengan metode membunuh langsung dengan bahan kimia untuk waktu yang panjang justru tidak baik untuk lingkungan sekitar juga untuk konsumen. Hama yang akan disemprot lama-kelamaan akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan di sekitar, yang menjadi kekebalan tubuh akan lingkungan hama tersebut justru akan bertambah dan itu tentu berakibat pada tidak mempannya penggunaan bahan insektisida kimia tersebut untuk membasmi hama, karena hama sudah beradaptasi.

Maka dari itu, jangan heran jika ada seorang petani menyemprot hama justru hama tidak ada yang mati. Hal itu terjadi sebab hama telah berevolusi, lalu bagaimana agar hama mati? tentunya takaran yang di pakai untuk pengendalian hama tersebut harus di tingkatkan lagi, jika hal itu terjadi berulang-ulang dan dalam waktu yang lama mungkin 20 atau 30 tahun lagi hama tersebut lambat-laun tidak akan bisa mati dengan insektisida apapun karena tingkat kekebalan tubuhnya sudah maksimal.

Penggunaan insektisida yang terlampau sangat tidak baik untuk lingkungan, petani dan juga bagi yang mengonsumsinya. Sebab itu merupakan larutan kimia yang sangat tidak baik untuk badan manusia, apalagi jika bahan kimianya dengan dosis yang berlebihan, hama tidak akan mati yang ada yang mengonsumsinya yang keracunan. Lalu bagaimana cara mencegah hama pada tanaman?Ada pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati“, maka dari itu, daripada menunggu tanaman terserang hama, lebih baik mencegahnya bukan?. Oke, langsung saja simak baik-baik cara pencegahan hama tanaman di bawah ini.

Pencegahan hama pada tanaman yang baik adalah dengan metode pencegahan agar hama tersebut menyerang ke tanaman kita, yah tentu kita berusaha sebisanya agar tanaman kita tidak di dekati oleh hama tanaman yang akan merusak tanaman cabai rawit kita. Lalu bagaimana agar mencegah hama pada tanaman? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencegah hama tanaman cabai rawit yaitu dengan menyembunyikan aroma tanaman agar hama tidak mendekat lagi ke tanaman tersebut.

Mengapa saya menggunakan cara tersebut? karena hama sangat menyukai jenis aroma yang sama, misalnya kita menanam cabai, hama sangat suka dengan aroma tanaman cabai maka dia akan menyerang tanaman tersebut karena aroma yang dia suka. Nah, agar hama tidak lagi menyukai aromanya, kita bisa membuat aroma tanaman cabe berbeda dengan yang biasanya dengan bahan-bahan tertentu yang bisa kita buat sendiri.

Repelen merupakan jenis ramuan insektisida yang bisa digunakan dengan menggunakan minyak serai sebagai bahan dasar untuk menyembunyikan aroma tanaman cabai rawit tersebut, karena nantinya minyak serai akan dicampur dengan air sedangkan minyak serai tidak bisa menyatu dengan air. Maka di perlukanlah bahan-bahan lain agar minyak serai bisa diaplikasikan dengan baik untuk digunakan sebagai penyamar aroma tanaman cabai tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Memformulasi Minyak Serai Tersebut?
Di bawah ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk mengaplikasikan minyak serai dengan bahan lain agar minyak serai bisa digunakan dengan maksimal.

Bahan-Bahan
Bahan-bahan yang digunakan ini, nanti akan menghasilkan ramuan minyak serai sebanyak 1 liter minyak serai yang sudah menjadi ramuan tersebut.
– Minyak sereh 400 ml
– Np10 250 ml
– aseton / tiner c ( nama lain aseton) 50 cc
– xylene 350 cc

Cara pembuatan
– Langkah pertama yaitu mencampurkan larutan minyak sereh sebanyak 400 mili tersebut dengan campuran Np10 sampai tercampur sepenuhnya dan benar-benar merata.
– Setelah 2 bahan tersebut tercampur hingga rata, kemudian masukkan campuran yang berikutnya yaitu dengan mencampurkan bahan aseton dan aduk hingga benar-benar rata.
– Langkah terakhir yaitu dengan mencampurkan bahan yang sudah rata tadi dicampur lagi dengan larutan yang terakhir yaitu dengan Xylene atau tinner dan aduk hingga benar-benar rata dan aduk sampai berwarna kuning jerami.
Apabila semua sudah selesai, larutan ini sudah bisa digunakan untuk mencegah hama tanaman cabai rawit agar tidak menyerang tanaman cabai rawitkita.

Cara penggunaan
Lalu bagaimana cara penggunaan agar larutan ini bisa bekerja dengan maksimal dan agar hama tanaman tidak datang ke tanaman cabai kita?. Caranya yaitu dengan mencampurkannya dengan air 1-2 cc per liter air dan semprotkan pada tanaman, gunakan bahan-bahan ini dengan melakukan penyemprotan selama 7 hari sekali.

Insektisida ini dapat mencegah segala jenis hama seperti hama trip, kutu daun, tungau dan berbagai jenis hama tanaman yang sering mengganggu lainnya. Sebenarnya aplikasi insektisida buatan ini bisa digunakan untuk segala jenis tanaman untuk hama tanaman yang sering mengganggu bukan hanya untuk tanaman cabai saja.


Demikianlah Artikel Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit

Sekianlah artikel Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2017/12/pada-artikel-kali-ini-kita-akan.html

0 Response to "Metode Alami Pencegah Hama Tanaman Cabai Rawit"

Posting Komentar