Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi

Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa itu pestisida, Artikel hama tanaman padi, Artikel hama thrips, Artikel plastik mulsa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi
link : Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi

Baca juga


Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi




Sebab Indonesia menjadi negara agraris, Jadi  masyarakatnya perlu belajar tata cara budidaya padi yang benar serta tepat. Dikarenakan sebagian masyarakat di Indonesia biasanya mengkonsumsi makanan pokok yakni nasi.

Karena kalau tidak ada nasi saat makan makanan berat terasa tidak lengkap atau tidak kenyang.

Karbohidrat yang tinggi serta cita rasa yang nikmat membuat biji padi atau beras dipilih untuk menjadi makanan kebutuhan bagi para masyarakat di Indonesia.

– Hama Yang Sering Menyerang Pada Tanaman Padi

1. Hama Putih
Gejala : tertular ke daun bibit, kerusakan yang terjadi seperti titik-titik yang panjang setara dengan bagian tulang daun, ulat juga menggulung daun si padi.
Penanganan : drainase air yang bagus, pemakaian benih yang sehat, mengeluarkan musuh alami, mengguguskan tabung daun, memakaikan pestisida hayati BVR ataupun PESTONA.

2. Thrips
Gejala : bagian daun menggulung serta warnanya kuning sampai warna kemerahan, perkembangan benih terhambat jadi lambat, tanaman dewasa gabah tak berisi.
Penanganan : pemakaian sesuai dosis BVR ataupun PESTONA.

3. Wereng
Gejala : padi berubah jadi kuning serta mengering, segrumbulan tanaman telihat seperti terbakar, padi yang tidak mengering berubah kerdil.
Penanganan: (1) Menanam padi dengan bersamaan, memakai varietas tahan wereng yakni IR 36, IR 48, IR 64 dan lain-lain, membersihkan lingkungan sekitar, melepas musuh alami yakni kepinding, laba-laba, serta kumbang lebah. (2) Penyemprotan dengan BVR.


4. Walang Sangit
Gejala : Padi hampa ataupun yang berkualitas rendah bakal nampak berkerut, warnanya coklat serta tak nikmat, daun ada bercak bekas isapan serta bulir padinya berbintik hitam.
Penanganan : Pertama Menanam secara serempak, meningkatkan kualitas kebersihan, memusnahkan telur, melepas sebagian musuh alami yaitu semisal jangkrik, laba-laba. Kedua lakukan penyemprotan BVR ataupun PESTONA.

5. Kepik Hijau
Gejala : Di bagian batang tanaman ada bekas tusukan, padi yang terserang mempunyai noda bekas hisapan serta perkembangan tanaman terganggu.
Penanganan : Mengumpulkan serta mematikan telur-telurnya, serta lakukan penyemprotan BVR ataupun PESTONA.

6. Penggerek Batang
Gejala : Pada tanaman pucuknya layu, kering warnanya kemerahan serta gampang dicabut, daun bisa mengering serta semua batang kering.
Penanganan : (1) memakai varitas ketahanan, meningkatkan kebersihan lahan, genangi sawah sekitar 15 hari sesudah panen supaya kepompong mati, membakar jerami. (2) memakai BVR ataupun PESTONA.

7. Tikus
Gejala : Terdapatnya tanaman yang roboh di petak sawah serta pada serangan ditengah petak tak ada tanaman.
Penanganan : kerjakan pergiliran tanaman padi, menanam dengan serempak, sistem saluran sanitasi, gropyokan, melepaskan sebagian musuh alami sejenis ular serta juga burung hantu, pemakai teratur dengan Natural Aromatic.

8. Burung
Gejala : Terdapat bagian tangkai buah patah, biji padi berserakan.
Penanganan : mengusir burung dengan bunyi-bunyian maupun orang-orangan sawah.


Demikianlah Artikel Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi

Sekianlah artikel Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2017/11/hama-berbahaya-bagi-para-petani-pada.html

0 Response to "Hama Berbahaya Bagi Para Petani Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar