Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis

Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kantong sampah, Artikel penanganan gulma, Artikel Tanaman gulma, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis
link : Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis

Baca juga


Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis


Penanganan gulma secara fisik atau mekanis merupakan pengendalian gulma yang dilakukan dengan merusak fisik atau bagian tubuh gulma sehingga pertumbuhannya menjadi terhambat dan akhirnya mati. Secara teknis, dalam pelaksanaannya engendalian gulma secara fisik mekanis dilakukan dengan menggunakan beberapa peralatan seperti cangkul, golok, arit, kored, landak, tangan, dan bahan bakar.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan beberapa metode pengendalian gulma secara fisik-mekanis berikut:

  • Pencabutan gulma (hand weeding atau hand pulling)
    cara ini juga biasa disebut penyiangan manual, efektif untuk mengendalikan gulma semusim dan dua musim, memiliki resiko kerusakan yang kecil pada tanaman budidaya, dan layak diterapkan untuk pengendalian gulma pada areal yang tidak luas.

  • Pembabatan (mowing)
    cara ini efektif diterapkan pada gulma semusim atau dua musim yang tidak mempunyai organ perkembangbiakan di dalam tanah seperti stolon dan umbi.

  • Pengolahan tanah (soil tillage)
    pengaruh yang tidak langsung dari pengolahan tanah terhadap perkembangan gulma adalah terangkatnya deposit biji gulma yang ada di dalam tanah. Biji tersebut terekspose ke permukaan tanah dan berkecambah, gulma yang kemudian tumbuh akan dipotong dan dibenamkan secara otomatis melalui tindakan pengolahan tanah ke dua.


  • Pembakaran (burning)
    pembakaran gulma menyebabkan terjadinya penggumpalan protoplasma gulma karena suhu tinggi sehingga bagian gulma tersebut akan mati. Bagian gulma yang tidak terbakar belum tentu ikut mati, contohnya seperti pembakaran padang alang-alang yang hanya memusnahkan bagian atas gulma, karena tidak lama berselang gulma alang-alang tersebut akan kembali tumbuh dengan memanfaatkan stolon yang berada di bawah permukaan tanah.

    Pengendalian gulma secara fisik-mekanis melalui pembakaran sering menimbulkan beberapa kerugian seperti timbulnya bencana kebakaran seperti yang terjadi di Riau, menguapnya bahan organik dari areal setempat (in situ), meningkatkan resiko erosi, dan mengakibatkan polusi udara.

  • Penggenangan (flooding)
    penggenangan gulma akan menghambat respirasi dan metabolisme gulma dalam menyerap oksigen dari udara. Metabolisme gulma yang terhambat lambat laun akan menyebabkan penurunan populasi gulma.

  • Pemulsaan (mulching)
    mulsa yang menutupi permukaan tanah baik yang berasal dari bahan organik maupun plastik, akan menghambat masuknya sinar matahari ke dalam tanah dan mempengaruhi proses perkecambahan biji gulma


Demikianlah Artikel Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis

Sekianlah artikel Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/07/pengendalian-gulma-secara-fisik-mekanis.html

0 Response to "Penanganan Gulma secara Fisik Atau Mekanis"

Posting Komentar