Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar

Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Penyakit Tanaman, Artikel plastik mulsa, Artikel pupuk tanah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar
link : Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar

Baca juga


Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar



Bintil akar tanaman legume yang normal pada lazimnya berwarna merah darah seperti haemoglobin. Warna merah darah tersebut disebabkan oleh pigmen warna yang mengandung besi (Fe). Pigmen ini biasa disebut leghaemoglobin (LHb). Pada tanaman legume yang tidak sehat, bintil akar berwarna putih karena tidak memiliki pigmen leghaemoglobin. Bintil akar tersebut tidak memiliki kemampuan menambat nitrogen dari atmosfer.

Pigmen leghaemoglobin pada bintil akar memiliki banyak fungsi dalam kaitannya dengan penambatan nitrogen dari atmosfer oleh bakteri. Fungsi tersebut antara lain:
  1. Sebagai fasilitator pengambilan oksigen oleh enzim oksidase terminal
  2. Meningkatkan produksi ATP untuk aktivitas nitrogenase   
  3. Menciptakan suasana anaerob di sekitar aktivitas nitrogenase melalui pengikatan oksigen dan membentuk oxyhaemoglobin (OLHb).


Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, LHb dapat membantu proses respirasi bakteri dan menyediakan ATP yang digunakan dalam penambatan nitrogen, selain itu LHb juga dapat melindungi komplektisitas aktivitas nitrogenase dari pengaruh oksigen. Konsentrasi LHb dalam bintil akar juga dapat digunakan untuk memperkirakan efisiensi dan efektivitas penambatan nitrogen yang dilakukan oleh bintil akar.

Penambatan nitrogen dari atmosfer dapat dilakukan selain karena adanya ATP sebagai energi, juga karena adanya ion hidrogen yang diperoleh dari reduksi air oleh enzim nitrogenase berupa protein Mo-Fe atau enzim nitogenase berupa protein Fe. Penambatan nitrogen yang dilakukan oleh bakteri pada bintil akar dapat dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.

N2 + 16 ATP + 8e- +10 H+  ---> 2NH4+ + H2+ + 16ADP +16P

Amoniak merupakan produk tetap atau stabil pertama yang terbentuk dari proses penambatan nitrogen yang dilakukan oleh bakteri. Amoniak tersebut  kemudian ditransfer melalui memban bakteroid ke sel tanaman untuk kemudian digunakan dalam metabolisme tanaman.


Demikianlah Artikel Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar

Sekianlah artikel Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/07/mekanisme-penambatan-nitrogen-dalam.html

0 Response to "Berikut Cara Mekanisme Penambatan Nitrogen dalam Bintil Akar"

Posting Komentar