Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida

Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Herbisida, Artikel plastik sungkup, Artikel Tanaman gulma, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida
link : Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida

Baca juga


Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida



Selain dikelompokkan berdasarkan waktu penggunaannya, herbisida juga bisa digolongkan berdasarkan cara kerja, selektifitas, & sifat kimianya.

Berdasarkan cara kerjanya herbisida yang digunakan untuk mengendalikan gulma secara kimia pada lahan pertanian dibedakan menjadi :

1. Herbisida kontak
Adalah herbisida yang mematikan gulma dengan cara kontak melalui absorbsi akar atau daun. Herbisida jenis ini akan merusak bagian gulma yang terkena langsung oleh herbisida tersebut. Bagian gulma yang tidak terkena langsung oleh herbisida ini tidak akan rusak karena kandungan racun herbisida tidak ditranslokasikan ke bagian-bagian gulma lainnya. Contohnya herbisida kontak adalah herbisida yang bahan aktifnya asam sulfat 70 %, besi sulfat 30 %, tembaga sulfat 40 % dan paraquat.

2. Herbisida sistemik
Adalah herbisida yang mematikan gulma melalui translokasi racun ke seluruh bagian-bagian gulma.  Herbisida sistemik mematikan gulma dengan berbagai cara yang antara lain:
  1. menghambat fotosisntesis, seperti herbisida berbahan aktif triazin dan substitusi urea amida.
  2. menghambat pernafasan (respirasi), seperti herbisida berbahan aktif amitrol dan arsen.
  3. menghambat perkecambahan, seperti herbisida berbahan aktif tiokarbamat dan karbamat.
  4. menghambat pertumbuhan gulma, seperti herbisida berbahan aktif 2, 4 D, dicamba, dan picloram.

Berdasarkan selektifitasnya, herbisida yang digunakan untuk mengendalikan gulma secara kimia pada lahan pertanian dapat dibedakan menjadi:

1. Herbisida selektif
Merupakan herbisida yang jika diaplikasikan pada berbagai jenis tumbuhan hanya akan mematikan species tertentu gulma dan relatif tidak mengganggu tanaman yang dibudidayakan misalnya herbisida berbahan aktif asm 2, 4 D yang mematikan gulma daun lebar dan relatif tidak mengganggu tanaman serelia.

2. Herbisida non-selektif
Merupakan herbisida yang bila diaplikasikan pada beberapa jenis tumbuhan melalui tanah atau daun dapat mematikan hampir semua jenis tumbuhan termasuk tanaman yang dibudidayakan misalnya herbisida berbahan aktif arsenikal, klorat dan karbon disulfida.

Berdasarkan sifat kimiawinya herbisida yang digunakan untuk mengendalikan gulma di lahan pertanian dibedakan menjadi :

1. Herbisida anorganik
Merupakan herbisida yang bahan aktifnya tersusun secara anorganik, misalnya herbisida berbahan aktif amonium sulfanat, amonium sulfat, amonium tiosianat, kalsium sianamida, tembaga sulfat-nitrat-ferosulfat, sodium arsenat, sodium tetraborat, sodium klorat, sodium klorida-nitrat dan asam sulfurat.

2. Herbisida organik 
Merupakan herbisida yang bahan aktifnya tersusun, misalnya herbisida golongan nitrofenol + anilin, herbisida tipe hormon, herbisida berbahan aktif asam benzoat+fenil asetat, amida, nitril, arilkarbamat, substitusi urea, piridin, pirimidin-urasil, triazin, amitrol dan gugusan organoarsenat.


Demikianlah Artikel Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida

Sekianlah artikel Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/penggolongan-herbisida.html

0 Response to "Berikut Pengelompokkan Jenis Herbisida"

Posting Komentar