Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Pembuatan Larutan Stok

Pembuatan Larutan Stok - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pembuatan Larutan Stok, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman, Artikel Kultur Jaringan, Artikel polynet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pembuatan Larutan Stok
link : Pembuatan Larutan Stok

Baca juga


Pembuatan Larutan Stok



Larutan stok merupakan larutan yang konsentrasinya dipekatkan dari konsentrasi dalam media.  Kepekatan tersebut biasanya dinyatakan dalam kelipatan konsentrasi media, misalnya 10x, 20x, 100x, bahkan 1000x dari konsentrasi media.

Tujuan dibuatnya larutan stok adalah untuk menghindari penimbangan atau penakaran yang berulang-ulang setiap kali membuat media tanam bagi eksplan.  Selain itu, kadang kali timbangan untuk menimbang bahan-bahan dalam jumlah yang sangat kecil tidak tersedia di laboratorium.   Larutan stok sebaiknya disimpan di tempat yang bersuhu rendah dan gelap.


Pada prinsipnya pembuatan larutan stok harus mempertimbangkan hal-hal berikut:


  • Masa kadaluarsaMerupakan larutan stok baik makro maupun mikro tidak dianjurkan untuk dipakai lebih dari 2 bulan, sedangkan stok vitamin masa pemakaiannnya sebaiknya tidak melebihi 2 minggu. Oleh karena itu stok yang dibuat harus habis sebelum melewati batas kadaluarsanya

  • Konsentrasi atau kepadatan larutanMerupakan larutan stok yang dibuat terlalu pekat dikhawatirkan akan mudah membentuk endapan-endapan yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi senyawa-senyawa pada larutan stok tersebut

  • Volume wadahMerupakan untuk menghemat tempat penyimpanan larutan stok di dalam kulkas, kita dapat membuat larutan stok pada wadah yang lebih kecil dengan tetap memperhatikan kejenuhan atau kepekatan larutan.  

  • Pengelompokan ion sejenis atau senamaMerupakan pengelompokkan stok juga didasarkan pada jenis ion senama, mengingat adanya ion senama membuat senyawa-senyawa yang dilarutkan stabil dalam bentuk ion-ion. 


Demikianlah Artikel Pembuatan Larutan Stok

Sekianlah artikel Pembuatan Larutan Stok kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pembuatan Larutan Stok dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/pengertian-tujuan-dan-prinsip-pembuatan.html

0 Response to "Pembuatan Larutan Stok"

Posting Komentar