Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!

Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!! - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara mengatasi hama & penyakit tanaman, Artikel Hama Tanaman, Artikel Penyakit Tanaman, Artikel polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!
link : Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!

Baca juga


Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!


Ulat Grayak








Berbagai spesies mikroba seperti jamur, bakteri, virus, & nematoda yang bersifat patogen terhadap serangga juga bisa dimanfaatkan sebagai musuh alami hama tanaman.   

Patogen merupakan jasad renik yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga, yakni bisa dari golongan cendawan, bakteri, nematoda, mikoplasma atau virus.

Contoh agensia yang telah banyak digunakan antara lain cendawan Beauveria bassiana, Metarrhizium anisopliae, Bakteri Bacillus thuringiensis, Bacillus popiliae, virus Helicoverpa (Heliotis) NPV (Nuclear Polyhidrosis Virus),  dll.

Beberapa istilah atau pengertian yang kiranya diperlukan dalam pemanfaatan musuh alami mikroba sebagai agensia pengendali hama tanaman ialah penyakit epizootik.

Penyakit epizootik merupakan peristiwa kematian sejumlah besar dari populasi hama.  Berbeda dengan penyakit enzootik yang selalu ada kematian pada populasi hama, tetapi dengan jumlah sedikit.

Inilah faktor yang dapat mempengaruhi epizootik :
  1. Virulensi & infektivitas agensia pengendali yang sewaktu-waktu dapat berubah atau tidak mantap.  Makin sering agensia penanganan dibiakkan pada inangnya virulensinya akan makin meningkat.
  2. Tingkat kerentanan atau tingkat ketahanan hama sasaran dipengaruhi oleh faktor-faktor fisik (cuaca, suhu, kelembaban) dan makanannya.  Makin virulen agensia pengendali atau makin rentan populasi hama sasaran, makin cepat dan makin tinggi tingkat epizootik.
  3. Sampai seberapa jauh pemencaran infeksi yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan dan biologi hama sasaran serta agensia pengendali.


Demikianlah Artikel Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!

Sekianlah artikel Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!! dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/patogen-sebagai-musuh-alami-hama.html

0 Response to "Berikut Ini Musuh Alami Hama Tanaman Yaitu Patogen !!!"

Posting Komentar