Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks

Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman, Artikel kantong sampah, Artikel tanaman karet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks
link : Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks

Baca juga


Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks




Berikut ini alasan dari kelebihan sistem koloid lateks : 


  • Gerak Brown

Merupakan gerak tidak beraturan dari partikel koloid. Gerakan ini terjadi karena benturan molekul-molekul zat pendispersi pada partikel-partikel koloid. Tiap kali benturan, menyebabkan partikel koloid terpelanting dengan jarak yang pendek saja.

Hal ini karena ukuran partikel koloid yang jauh lebih besar dibandingkan partikel pendispersi. Dengan demikian gerak ini patah-patah dan tanpa banyak berpindah dari tempat asal.

Gerak brown menyebabkan terjadinya tumbukan antar partikel  karet  secara  tidak  beraturan.  Partikel-partikel  tersebut  saling  tolak menolak akibat  muatan  listrik  yang sama  dari partikel-partikelnya. 

Muatan  listrik yang  ditimbulkan  disebabkan  oleh  partikel-partikel  karet  yang  mempunyai selubung  lipida  dan  protein  pada  permukaannya. Selubung  ini  berfungsi  sebagai pemantap dispersi partikel karet di dalam lateks.




  • Ionisasi

Merupakan  proses fisik mengubah atom atau molekul menjadi ion dengan menambahkan atau mengurangi partikel bermuatan seperti elektron atau proton. Lateks kebun pH sekitar 6,9 dan bermuatan negatif.  

Ion-ion negatif ini diserap oleh setiap permukaan partikel karet membentuk lapisan STERN.  Ion positif tersebar di luar lapisan membentuk lapisan media yang disebut lapisan GOUG.  Kedua lapisan membentuk lapisan rangkap listrik sebagai akibat perbedaan muatan.  Perbedaan muatan disebut dengan elektrokinesis Potensial atau Zeta Potensial.

Lapisan pelindung partikel karet terdiri protein dan fosfolipida yang bermuatan listrik negatif dalam suasana basa dan bermuatan positif bila suasana asam.  Perubahan muatan disebabkan ujung rantai molekul protein merupakan gugus asam amino yang yang terdiri dari gugus karboksil (-COOH) dan gugus amina (- NH2). 

Ujung rantai molekul protein ini merupakan ion dipolar dan bersifat amfoter dapat mengion sebagai asam atau basa tergantung kondisi lingkungan dan keadaan di dalam lateks itu sendiri. Proses  ionisasi menyebabkan perubahan muatan  listrik yang ditandai perubahan derajat keasaman (pH) lateks.

  • Hidratasi

Merupakan terikatnya molekul-molekül air secara timbal balik pada berbagai molekul atau pada ion-ion yang dalam larutan air selalu mengikat sejumlah molekul air untuk membentuk suatu satuan kinetik baru. Jumlah molekul air yang diputari suatu ion tertentu di sebut angka hidratasi.

Pada lateks, lapisan molekul air yang bersifat polar akan diserap oleh setiap permukaan partikel karet, tersusun secara berlapis-lapis membentuk konfigurasi tiga dimensi yang kuat menarik setiap permukaan partikel karet.




Demikianlah Artikel Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks

Sekianlah artikel Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/kemantapan-sistem-koloida-lateks.html

0 Response to "Berikut Kelebihan Dari Sistem Koloida Lateks"

Posting Komentar