Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah

Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel hama tanaman kacang tanah, Artikel Kacang Tanah, Artikel plastik mulsa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah
link : Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah

Baca juga


Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah



Kacang tanah atau Arachis hypogaea yaitu salah satu tanaman polong - polongan yang merupakan anggota suku Fabaceae. Kacang tanah bermula dari benua Amerika, tanaman ini adalah tanaman perdu yang tinginya sekitar 30 cm – 50 cm yang memiliki daun kecil tersusun majemuk.

Tanaman kacang tanah cara budidayanya begitu mudah dan sederhana. Namun dalam membudidayakannya, pastilah terdapat hama serta penyakit yang menyerang tanaman kacang tanah. Berikut merupakan pembahasan tentang Hama serta Penyakit yang sering menyerang tanaman kacang tanah beserta cara pengendaliannya.


A. Hama kacang tanah
 

  • Uret [Embuk]
Hama ini menyerang tanaman melalui dalam tanah dan memakan akar tanaman sehingga tanaman akan layu dan akhirnya mati. Penanganan hama ini dapat dilakukan secara biologi dengan memanfaatkan cendawan parasit seperti Metarhizium anisopliae, bisa juga dengan nematoda (cacing kecil), parasit (nematoda entomopatogenik) seperti Steinernema.


  • Ulat Tanah
Ulat tanah atau Agrotis ipsilon adalah hama yang menyerang bagian akar tanaman yang mengakibatkan  sari makanan bagi tanaman kacang tanah terhenti dan tanaman akan layu dan mati.
Penanganan hama ulat tanah bisa dilakukan dengan metode pemberian racun, atau insekuisida yang dicampur dengan dedak serta bahan lain.


  • Ulat Daun
Ulat daun atau ulat grayak merupakan hama yang sering menyerang daun muda dan tunas kacang tanah sehingga mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik. Penanganan hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida.


  • Ulat Jengkal
Ulat jangkal merupakan Hama yang menyerang bagian daun tanaman kacang tanah yang masih muda sering pula daun hanya tersisa bagian tulangnya saja. Hama ulat jengkal dapat dibasmi dengan dilakukanya penyemprotan menggunakan insektisida.


  • Kutu Putih
Hama kutu putih terkadang menyerang tanaman kacang tanah pada bagian daunnya juga menyerap semua sari makanan yang ada pada daun sehingga tanaman akan tumbuh kerdil. Penanganan hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida.


  • Ulat penggulung daun
Ulat penggulung daun atau Plusia chalcites adalah hama yang menyerang daun yang mengakibatkan daun menggulung. Penanganan hama ini bisa  dilakukan dengan menggunakan musuh alami ulat ini yakni belalang sembah.


  • Wereng Empoaska
Hama ini menyerang bagian daun, & apabila telah terserang maka bagian ujung daun akan menguning, kaku, & menebal. Penanganan hama wereng Empoaska bisa dilakukan dengan menggunakan sevin 85 WP.









B. Penyakit kacang tanah

  • Penyakit Layu
Penyakit layu dikarenakan oleh bakteri Xanthomonas solanacearum. Tanaman yang terserang penyakit ini bisa layu hingga akhirnya mati. Penanganan penyakit layu bisa dilakukan dengan melakukan pergiliran tanaman.


  • Bercak Daun
Penyakit ini dikarenakan oleh cendawan Cercospora personata. Tanaman yang terjangkit penyakit ini, daunnya akan berwarna kecoklatan pada bagian atas serta berwarna hitam pada bagian bawah. Pada lazimnya tanaman yang berusia sekitar 40-70 hari yang terserang penyakit ini. Penanganan penyakit bercak daun yakni dengan melakukan rotasi tanaman, melakukan penanaman serempak dengan varietas yang unggul yang tahan penyakit atau juga dengan menggunakan fungisida.


  • Penyakit Selerotium

Penyebab penyakit Selerotium ialah cendawan Selerotium rolfsii. Tanaman yang terjangkit penyakit Selerotium akan layu dan akhirnya akan mati. Penanganan penyakit bisa dilakukan dengan cara memperbaiki perairan pada lahan tanam.


  • Karat Daun

Penyakit ini biasa menyerang tanaman yang masih muda dan daunnya akan berbintik coklat serta kering. Penanganan penyakit ini dapat dilakukan dengan upaya menanam varietas yang tahan penyakit.



Demikianlah Artikel Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah

Sekianlah artikel Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2017/12/berikut-hama-penyakit-yang-dimiliki.html

0 Response to "Berikut Hama & Penyakit Yang Dimiliki Oleh Tanaman Kacang Tanah"

Posting Komentar