Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri)

Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri) - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri) , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman, Artikel insectnet, Artikel musuh alami hama tanaman, Artikel Pestisida Alami, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri)
link : Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri)

Baca juga


Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri)



Kutu putih atau Planococus citri merupakan kutu yang dapat menjadi hama & sekaligus juga bisa menjadi alternatif pengendalian hama lainnya seperti penggerek buah kakao & penghisap buah kakao. Kutu yang temasuk ke dalam family pseudococeae dan ordo homoptera ini menjadi hama jika menyerang bunga, calon buah, tunas, dan daun-daun muda tanaman kakao. Sedangkan jika menempel pada buah, kutu putih justru dapat mengundang semut hitam yang merupakan predator beberapa hama.


Serangan kutu putih pada tunas daun menyebabkan terjadinya pertumbuhan yang tidak normal pada daun tersebut dan terjadinya pembengkokan pada cabang yang terbentuk dari tunas yang terserang. Serangan kutu putih pada bunga dan calon buah dapat menyebabkan pertumbuhan buah menjadi abnormal. Sedangkan pada buah dewasa, serangan kutu putih tidak menimbulkan masalah yang berarti.

Siklus hidup dari kutu putih
Siklus hidup kutu putih dimulai dari imago. Imago yang berwarna orange dan tubuhnya diselimuti lapisan lilin berwarna putih memiliki sepasang sayap tembus pandang pada jantannya sedangkan imago betinanya tidak memiliki sayap. Imago betina meletakan telur tepat dibawah tubuh induknya. Telur tersebut umumnya berwarna putih dan diselimuti benang-benang halus yang juga berwarna putih. Setelah menetas, telur menjadi larva yang berwarna kuning dan tubuhnya dilapisi oleh lapisan lilin yang tidak terlalu tebal.

Cara pengendalian kutu putih
Kutu putih dapat dikendalikan dengan mengembangbiakan semut hitam yang dapat mempredasi telur dan memakan selaput atau lapisan lilin pada tubuh kutu putih. Lapisan lilin pada tubuh kutu putih ini diketahui memiliki kandungan zat tepung (karbohidrat) yang sangat disukai oleh semut hitam. Namun, pada intensitas serangan yang terlalu tinggi, populasi kutu putih juga dapat dikendalikan dengan aplikasi insektisida berbahan aktif fosfamidon, karbaril, dan monokrotofos.


Demikianlah Artikel Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri)

Sekianlah artikel Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri) dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/07/kutu-putih-planococus-citri-si-hama.html

0 Response to "Berikut Hama Tanaman Kakao Si Kutu Putih (Planococus citri) "

Posting Komentar