Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan

Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kantong sampah, Artikel Kultur Jaringan, Artikel Penyakit Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan
link : Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan

Baca juga


Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan


Selesai membuat media agar selesai, media akan dibagi ke dalam beberapa botol penanaman. Dalam satu botol tanam berisi kurang lebih 20 – 25 ml. Selama proses pemindahan media ke dalam botol-botol penanaman tersebut sangat memungkinkan terjadinya kontaminasi oleh mikroorganisme, baik bakteri atau jamur.  Kontaminasi bisa disebabkan oleh eksplan, organisme kecil yang masuk  dalam media, botol kultur serta alat-alat tanam yang tidak steril, lingkungan kerja dan ruang kultur yang kotor, dan pelaksana.


Agar mikroorganisme patogen yang masuk ke dalam media tidak dapat berkembang biak maka perlu dilakukan sterilisasi terhadap media tersebut sebelum digunakan untuk menanam. Sterilisasi media kultur bisa dilakukan dengan menggunakan uap panas pada suhu 121 derajat Celcius, dengan tekanan 15 sampai dengan 17 PSI, selama 20 sampai dengan 25 menit. Sterilisasi media tidak dianjurkan terlalu lama karena dapat menyebabkan penguraian gula dalam media, degradasi vitamin dan asam-asam amino, inaktivasi sitokinin dan zeatine ribosida, dan perubahan pH.

Media yang sudah disterilisasi dapat langsung dipergunakan atau dapat juga disimpan lebih dahulu beberapa waktu pada ruang penyimpanan yang dijaga kelembabannya.


Demikianlah Artikel Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan

Sekianlah artikel Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/sterilisasi-media-kultur-jaringan.html

0 Response to "Berikut Cara Sterilisasi Pada Media Kultur Jaringan"

Posting Komentar