Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks

Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya karet, Artikel Hama Tanaman, Artikel pengertian prakoagulasi lateks, Artikel tali plastik salaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks
link : Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks

Baca juga


Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks




Prakoagulasi lateks merupkan kondisi tidak stabil pada lateks yang terjadi sebelum sampai di pabrik pengolahan karet yang ditandai dengan lateks membubur sampai menggumpal dan menyebabkan penurunan mutu karet yang akan dihasilkan.

Prkoagulasi lateks terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain:

  • Pengenceran oleh air hujanPengenceran menyebabkan penurunan tekanan osmosis pada serum lateks sehingga tekanan osmosis dalam beta-serum menjadi lebih besar mengakibatkan pecahnya membran partikel lutoida lateks.
 
  • KotoranKotoran yang banyak mengandung ion logam elektrolit seperti Ca, Mg, Fe  dapat menyebabkan penurunan elektropotensial lateks dan pembentukan garam di dalam lateks serta menjadi aktivator atau katalis proses ionisasi lateks.

  • Fisik-MekanisGoncangan selama pengangkutan dan terik matahari langsung dapat menyebabkan denaturasi protein dalam serum lateks.

  • Intensitas SadapIntensitas sadap yangg tinggi dapat menyebabkan penurunan kadar karet kering pada lateks yang dihasilkan.  Banyaknya serum yang mengandung karbohidrat dan protein meningkatkan aktifitas bakteri di dalam lateks.

  • Infeksi Jasad RenikKandungan karbohidrat dan protein di dalam lateks  menjadikan media pertumbuhan dan perkembangan biak yang baik bagi bakteri. Sedangkan bakteri dapat menyebabkan penguraian protein pada lateks dan meningkatkan kemasaman pada lateks.

  • Aktifitas EnzimEnzim di dalam lateks seperti fosfolipase dan protease bersifat enzimatik dan dapat menguraikan protein pelindung sistem koloida lateks.  Kerja enzim dapat menjadi lebih cepat dengan adanya ion-ion logam yang tercampur di dalam lateks.

  • Keadaan Tanaman
    Tanaman karet yang masih muda atau terlalu tua menghasilkan lateks yang tidak stabil.  Tanaman muda menghasilkan lateks dengan KKK rendah dan tanaman tua menghasilkan lateks dengan KKK tinggi.


Demikianlah Artikel Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks

Sekianlah artikel Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/prakoagulasi-lateks-dan-penyebabnya.html

0 Response to "Berikut Pengertian & Penyebab Prakoagulasi Lateks"

Posting Komentar