Hama & Penyakit Tanaman

Memberikan informasi seputar hama tanaman & penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan

Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan - Hallo sahabat Hama & Penyakit Tanaman, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel hama tanah, Artikel kantong sampah plastik, Artikel Kultur Jaringan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan
link : Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan

Baca juga


Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan



pH adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat media ataupun larutan stok.  Kisaran nilai pH yang dipandang paling sesuai untuk kebanyakan media kultur jaringan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tanaman antara 5,5 sampai dengan 5,8. 

Pada nilai pH yang terlalu asam (< 4,5) agar akan terhidrolisis dan sulit membentuk gel.  Nilai pH harus diatur agar tidak mengganggu membran sel dan pH sitoplasma. 

Selain itu pengaturan pH juga ditujukan untuk hal-hal berikut:
  1. Memudahkan kelarutan bahan-bahan kimia dalam pembuatan media
  2. Memudahkan pengambilan/penyerapan bahan zat pengatur tumbuh dan bahan-bahan kimia yang lain
  3. Meningkatkan efisiensi pembekuan agar


Pengukuran pH media dilakukuan sebelum sterilisasi dengan autoklaf.  Meskipun setelah di autoklaf pH media mengalami penurunan, hal ini tidak memerlukan lagi pengaturan pH. Pengukuran pH media dapat menggunakan pH meter atau kertas indikator.

Pengukuran dengan kertas indikator sangat sederhana, yaitu dengan mencelupkan kertas indikator/lakmus kemudian mencocokkan warna lakmus setelah dicelupkan dengan warna dan nilai pH yang tersedia pada pak indikator pH.  Nilainya lebih bersifat kualitatif.  Pengukuran dengan pH meter memerlukan kalibrasi setiap periode waktu.  Biasanya pH meter menggunakan elektroda gelas. 

Hasil pengukurannya bersifat kuantitatif.  Nilai pH dapat diatur dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan nilai yang diharapkan.  Bila nilai pH lebih tinggi dari nilai yang diinginkan dapat dberikan (ditetesi) HCl 1 N, sebaliknya bila nilai pH lebih rendah dari nilai yang diharapkan ditetesi NaOH atau KOH 1 N.


Demikianlah Artikel Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan

Sekianlah artikel Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan dengan alamat link https://hamapenyakittanamankita.blogspot.com/2013/06/mengatur-ph-media-tumbuh-eksplan-kultur.html

0 Response to "Berikut Metode Mengatur pH Pada Media Tumbuh Eksplan Kultur Jaringan"

Posting Komentar